Posted by Kukulutus on Friday 18 January 2013



. Kata pertama kali yang terucap dari bibir kita, ketika melihat sampah pasti, hmm…, kok bau, ya?. Sebagai manusia biasa sangat wajar jika kita mengatakan hal seperti itu terhadap sampah, karena yang terlintas dalam benak kita tentang sampah adalah bau, kotor, penuh kuman dan sebagainya, tergantung dari sudut pandang kita melihat sampah itu sendiri. Ada yang menganggap sampah itu sebagai suatu berkah atau rezeki, namun ada ada juga yang menganggap sampah sebagai sarangnya kuman, sumber penyakit dan bahkan ada juga yang sama sekali acuh dan tidak peduli terhadap sampah.

Permasalahan sampah memang tiada habisnya, terlebih bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Semarang, Bandung dan kota besar lainnya. Seperti pada gambar di atas, tumpukan sampah yang berada di daerah Tembalang Semarang tersebut berada di pinggir jalan yang menyebabkan polusi udara. Bau sampah yang sangat menyengat membuat para pengguna jalan merasa terganggu. Walaupun sampah-sampah ini diangkut kurang lebih 2 minggu sekali, tetapi bau yang muncul dari sisa-sisa sampah masih saja tercium.

Sampah yang ada di bak sampah ini tidak dipisah terlebih dahulu antara sampah organik dan non organik. Padahal, jika ada pemisahan sampah, maka akan lebih mudah mengelola sampah-sampah tersebut. Untuk yang sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos yang nantinya memiliki nilai jual lebih, sedangkan sampah non organik bisa dikumpulkan dan dijual kepada pengepul sampah untuk didaur ulang. Jadi, sebenarnya masalah sampah dapat diselesaikan secara bijak. Kendala di lapangan biasanya adalah masih minimnya tempat-tempat sampah umum yang terdapat bak pemisah antara organik dan non organik. Selain itu, kurangnya kepedulian masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya, juga diduga telah mengakibatkan pengelolaan sampah di Indonesia menjadi “acak adul”.

Kita bisa mengelola sampah dengan baik jika ada kemauan yang keras dari diri kita sendiri. Untuk itu, biasakanlah buang sampah pada tempat yang tersedia. Jangan membuang sampah di sembarang tempat karena sampah merupakan sumber penyakit, seperti diare dan gangguan saluran pencernaan yang lainnya. Baunya yang menyengat juga dapat mengganggu orang-orang di sekitar kita. Ayo, mulailah hidup sehat dengan membuang sampah pada tempatnya, sekarang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment